• Web
  • Smokers Die
  • Tuesday 1 January 2013

    Perokok Rentan Terkena Osteoporosis!


    Selama ini kita berpikir bahwa merokok dapat merusak organ-organ seperti; Jantung, Paru-paru, dan yang lainnya namun tanpa kita sadari bahwa merokok juga dapat mengancam kekuatan dan kepadatan tulang. Sebenarnya hal ini sudah diketahui selama kurang lebih 20 tahun tetapi pertengahan tahun ini  jurnal ilmiah bernama ACS' Journal of Proteome Research di Amerika memuat sebuah artikel yang bersumber dari hasil penelitian DR. Gary Guishan Xiao dan teamnya yang bekerja untuk Nebraska Tobacco Settlement Biomedical Research Program.



    Artikel tersebut memaparkan hasil penelitian bahwa saat seseorang merokok, tubuh mereka menghasilkan osteoclasts, yaitu sel yang merapuhkan tulang lama dua kali lebih banyak dibandingkan orang yang tidak merokok. Kondisi inilah yang kemudian meningkatkan risiko osteporosis (pengeroposan tulang).

    Tingkat resikonya dapat semakin tinggi terhadap perokok wanita, karena tulang wanita bergantung pada hormon esterogen yang semakin berkurang produksinya seiring bertambahnya usia, itu sebabnya mengapa wanita yang berada dipasca produktif hendaknya berhenti merokok.

    Tidak hanya berdampak pada wanita dewasa, remaja putri yang merokok pun memiliki resiko dua kali lipat untuk mengalami pengurangan BMD (Bone Mineral Density) yang berakibat pada osteoporosis dan patah tulang dikemudian hari. Faktor kecemasan dan depresi mendorong seorang remaja putri untuk mencoba merokok padahal diusia mereka yang masih belia adalah waktu dimana tulang tumbuh dengan pesat yang harus didorong dengan asupan yang tepat.



    Source: http://health.detik.com/read/2012/12/06/075804/2110704/1301/osteoporosis-mengintai-remaja-putri-yang-terbiasa-merokok
    http://www.menstruasi.com/node/9235



    No comments:

    Post a Comment